Diploma Tiga Kebidanan

Visi, Misi, Tujuan, dan Profil Lulusan

Visi

Menjadi program Diploma Tiga yang menghasilkan tenaga ahli madya yang unggul dalam asuhan kebidanan komunitas dan berkarakter pada tahun 2023.

Misi

  1. Melaksanakan Pendidikan dan Pengajaran dengan Muatan Kurikulum Dominan pada Asuhan Kebidanan Komunitas yang Selaras dengan Karakter Bangsa.
  2. Menyelenggarakan Penelitian dengan Orientasi Utama pada Asuhan Kebidanan Komunitas yang Selaras dengan Karakter Bangsa .
  3. Melakukan Pengabdian Masyarakat dengan Orientasi Utama pada Asuhan Kebidanan Komunitas yang Selaras dengan Karakter Bangsa
  4. Menjalin Kemitraan dengan Lembaga Baik dalam Maupun Luar Negeri untuk Memperkuat Pengembangan Bidang Asuhan Kebidanan Komunitas yang Selaras dengan Karakter Bangsa

Tujuan

  1. Terlaksananya pendidikan dan pengajaran dengan muatan kurikulum dominan pada asuhan kebidanan komunitas yang selaras dengan karakter bangsa.
  2. Terselenggaranya penelitian dengan orientasi utama pada asuhan kebidanan komunitas yang selaras dengan karakter bangsa.
  3. Terwujudnya pengabdian masyarakat dengan orientasi utama pada asuhan kebidanan komunitas yang selaras dengan karakter bangsa.
  4. Terjalinnya kemitraan yang baik dengan lembaga dalam negeri maupun luar negeri untuk memperkuat pengembangan asuhan kebidanan komunitas yang selaras dengan karakter bangsa.

Profil Lulusan

a. Pemberi Asuhan Kebidanan (care provider)

Seorang ahli madya kebidanan yang mampu berperan sebagai pemberi asuhan kebidanan esensial pada kehamilan, persalinan dan bayi baru lahir, nifas, KB, bayi, balita dengan melibatkan keluarga dan masyarakat pada kondisi normal, melakukan deteksi dini dan penanganan awal kegawatdaruratan sesuai standar operasional prosedur(SOP) dan kode etik profesi pada tatanan pelayanan kesehatan.


b. Komunikator

Seorang ahli madya kebidanan yang mampu berperan sebagai komunikator untuk memberikan informasi dalam asuhan kebidanan dan pendidikan kesehatan pada hamil, nifas, masa remaja, prakonsepsi, pre menopause yang dibutuhkan oleh keluarga dan masyarakat sesuai dengan kewenangan profil ahli madya kebidanan sebagai komunikator merupakan profil penunjang dalam mencapai profil pemberi asuhan kebidanan (care provider).